Kamis, 24 Juni 2010

tugas 7 jam digital

gambar rangkaian jam digital

Prinsip kerja rangkaian jam digital menggunakan counter

1. Detik dalam 1 menit adalah 60 detik, disini dihitung sampai 59 karena 60 sama/kembali ke nol

a. Satuan

Detik pada jam memiliki satuan sebanyak 10 bit (0-9), oleh karena itu pada satuan detik menggunakan counter mode 10 (pembagi 10). Menggunakan counter dengan 4 flip flop JK.Biner 10 = 1010.Untuk itu, nilai biner 10 di set menjadi 0000,agar pada hitungan ke 10 satuan detik pada jam digital akan mulai kembali dari 0 (nol).

Untuk menjadikan nilainya menjadi 0000, maka pada input yang menghasilkan nilai 1 dihubungkan dengan menggunakan gerbang AND. Kemudian hasilnya di masukkan kembali ke Clr (clear).

Kemudian hasil dari input terakhir akan masuk sebagai clok pada puluhan detik pada jam digital

b. Puluhan

Detik pada jam digital memiliki puluhan sebanyak 6 bit (0-5), oleh karena itu pada puluhan detik menggunakan counter mode 6 (pembagi 6). Menggunakan counter dengan 3 flip flop JK, atau untuk menyamakan juga bisa mneggunakan counter dengan 4 flip flop JK.Biner 6 = 0110.Untuk itu, nilai biner 6 di set menjadi 0000, agar pada hitungan ke 6 puluhan detik pada jam digital akan kembali dihitung bernilai 0 (nol).Untuk nilai clock pada puluhan ini, diperoleh dari hasil input terakhirpada satuan detik jam. Kemudian untuk menjadikan nilai biner 6 menjadi 0000, maka pada input yang menghasilkan biner 1, dihubungkan dengan gebang AND, sehingga menghasilkan nol. Kemudian hasilnya di masukkan kembali k Clr (Clear).

Begitu selanjutnya.

2. Menit

a. Satuan

Untuk satuan pada menit jam digital mempunyai prinsip kerja yang sama dengan satuan detik pada jam digital. Hanya saja, untuk Clock pada satuan menit diperoleh dari hasil input terakhir pada puluhan detik.

b. Puluhan

Puluhan menit juga memiliki prinsip kerja yang sama dengan puluhan pada detik jam digital. Tetapi, untuk Clocknya diperoleh dari hasil input terakhir pada satuan menit jam digital tersebut.

3. Jam

a. Satuan

Satuan jam menggunakan Counter Mode 4, karena pada saat nilai satuannya 4 akan kembali disetting bernilai 0 (nol). Sama dengan menit dan detik. Biner dari 4 adalah 0100. Sehingga yang perlu di set 0 (nol) hanya 1 input saja. Kemudian hasilnya juga akan dimasukkan ke Clr (clear).

Hasil input terakhir, akan dijadikan nilai Clock pada puluhan jam.

b. Puluhan

Puluhan jam, menggunakan Counter Mode 2. Karena itu pada saat nilai puluhannya 2 akan dihitung kembali dari 0 (nol). Biner 2 adalah 0010, sehingga yang perlu di setting bernilai 0 (nol) hanya 1 input saja. Untuk itu hasil input yang bernilai 1, dihubungkan dengan gerbang AND kemudian hasilnya dimasukkan ke Clr (clear).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar